Sukses

Paskah ala Petani Merapi

Keterpurukan tidak menghentikan ratusan umat Katolik di lereng Merapi, Magelang, Jawa Tengah, untuk merayakan pekan suci Paskah.

Liputan6.com, Magelang: Keterpurukan tidak menghentikan ratusan umat katolik di lereng Merapi, Magelang, Jawa Tengah, untuk merayakan pekan suci Paskah. Pada perayaan Jumat Agung kemarin, para petani menggelar aksi teatrikal prosesi jalan salib.

Dengan berjalan kaki, ratusan umat Katolik mengikuti prosesi jalan salib di lereng Merapi ini. Aksi teatrikal yang dikemas khas petani ini kemudian dilanjutkan dengan doa bersama di Gubug Selo Merapi, Dusun Grogol, Desa Mangunsuko, Kecamatan Dukun.

Kesengsaraan dan wafatnya Yesus Kristus di kayu salib guna menebus dosa umat manusia digambarkan dengan sangat sederhana oleh para petani Merapi ini. Mereka tampak khidmat meskipun sedang dilanda kesusahan pascaerupsi Merapi, beberapa bulan silam.

Selain simbol memperingati wafatnya Yesus Kristus, proses jalan salib ini juga menjadi simbol kebangkitan dari keterpurukan para petani pascaletusan. Jalan salib bersahaja lereng Merapi ini mengingatkan akan pentingnya saling tolong-menolong dan bahu-membahu sesama umat dalam kesusahan.(CHR/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.