Sukses

Empat Penambang Tewas Keracunan Zat Asam

Empat penambang emas liar di Desa Huta Bargot, Mandailing Natal, Sumut, ditemukan tewas di dalam lubang sedalam 30 meter. Keempatnya diduga tewas akibat keracunan zat asam.

Liputan6.com, Mandailing Natal: Empat penambang emas liar di Desa Huta Bargot, Mandailing Natal, Sumatra Utara, Kamis (21/4), ditemukan tewas di dalam lubang sedalam 30 meter. Mereka adalah Syaiful, Asep, Abud, dan Evit.

Syaiful dan Asep adalah warga Sukabumi. Sedangkan Abud dan Evit adalah warga Kota Bogor. Keempatnya diduga tewas akibat keracunan zat asam.

Keempat korban diketahui tewas setelah seorang penambang bisa menyelamatkan diri keluar dari lubang tambang. Lantaran kondisi lubang sangat rawan akibat zat asam, keempat penambang ini baru bisa dievakuasi beberapa jam kemudian. Jenazah keempat korban kini berada di Rumah Sakit Umum Panyabungan.

Sebenarnya, para penambang liar ini telah berkali-kali diperingatkan agar tidak menambang di Desa Huta Bargot. Namun, imbauan tersebut tak pernah dipatuhi. Kini, polisi tengah memeriksa pemilik tambang tersebut.

Diperkirakan, ada lebih dari 400 lubang tambang emas di Hutan Lindung Huta Bargot yang mengakibatkan kondisi tanah labil dan mudah longsor. Namun, hingga kini belum ada tindakan tegas dari pemerintah daerah setempat.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini