Sukses

Dua Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Hilang

Dua mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, Jatim, dinyatakan hilang sejak sebulan terakhir. Keluarga menduga mereka menjadi korban rekruitmen kelompok tertentu yang ingin mendirikan Negara Islam di Indonesia.

Liputan6.com, Malang: Mahatir Rizki dan Agung Setiawan, dua mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, dilaporkan menghilang. Pihak keluarga yang melaporkan kasus tersebut ke kampus, baru-baru ini, mengaku kehilangan kontak dengan kedua korban sejak satu bulan terakhir. Diyakini, kedua mahasiswa itu diduga menjadi korban rekrutmen kelompok Islam radikal.

Pola rekrutmen ini cenderung mengarah pada penipuan dengan memintai korban sejumlah uang. Pengakuan itu disampaikan sembilan mahasiswa umm, seluruhnya mahasiswa Fakultas Teknik. Mereka berhasil lebih dulu keluar dari jaringan kelompok radikal ini.

Kasus keterlibatan mahasiswa umm dalam jaringan radikal ini adalah peristiwa kedua dalam tiga tahun terakhir. Pada 2008 lalu, sejumlah mahasiswa juga menjadi korban rekrutmen kelompok Negara Islam Indonesia atau NII.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini