Sukses

Ulat Bulu Serang Rumah dan Perkantoran

Di Jakarta Pusat, ulat bulu mulai memasuki pekarangan rumah warga. Sedangkan di Jakarta Timur, ulat menyerang ratusan pohon di halaman perkantoran.

Liputan6.com, Jakarta: Hama ulat bulu masih belum berakhir. Kini, wabah itu telah sampai ke Ibu Kota. Di Jakarta Pusat, ulat bulu memasuki pekarangan rumah warga, Selasa (19/4). Sedangkan di Jakarta Timur, ulat menyerang ratusan pohon di halaman perkantoran.

Rumah Ayu di Petojo Selatan, Gambir, Jakpus, misalnya. Sejak sepekan terakhir ulat bulu terus memasuki pekarangan rumahnya. Dalam sehari, ia dan suami mampu mengumpulkan ulat bulu hingga satu kantong. Ulat bulu itu dimasukkan ke dalam kaleng bekas yang telah diisi minyak tanah.

Menurut Penyuluh Pertanian Pemprov DKI Jakarta Alminah, ulat bulu yang ada di Jakarta Pusat ini berjenis ulat api yang tidak begitu gatal.

Di Jakarta Timur, jenis ulat yang sama menyerang ratusan pohon produktif dan pohon pelindung di Perkantoran Balai Besar Kimia dan Kemasan di kawasan Pekayon, Pasar Rebo. Dalam waktu dua hari saja puluhan pohon produktif seperti tanaman jambu, rambutan dan mangga habis dimakan ulet bulu berwarna jingga.

Guna mencegah membengkaknya populasi ulat bulu, penyemprotan dengan pestisida nabati dilakukan di rumah-rumah warga serta area kosong yang banyak ditumbuhi tanaman liar. Warga yang rumahnya diserang ulat bulu pun disarankan untuk menyingkirkannya dengan asap.

Sementara itu, di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, penyemprotan insektisida justru tidak efektif. Populasi ulat bulu masih terus meningkat sehingga pohon-pohon di sepanjang Jalan Protokol di Kecamatan Wonoayu pun meranggas dan kering. Di kecamatan itu, ulat bulu sudah merambah hingga ke empat desa.(CHR/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini