Sukses

Pemerintah Akan Bangun Transportasi Massal

Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mengurai kemacetan di Jakarta. Pemerintah berencana membangun transportasi massal atau MRT Juni 2012.

Liputan6.com, Jakarta: Jacklin, salah seorang warga Ibu Kota, setiap hari harus berangkat lebih cepat ke kantornya. Itu karena jarak yang seharusnya bisa ditempuh dalam 15 menit, kini menjadi satu jam karena macet. Ia mengaku tak berani menggunakan kendaraan umum. "Terlebih kalau naik angkutan umum jauh harus jalan kaki," kata Jacklin, Jumat (15/4).

Kemacetan memang sudah seperti sebuah rutinitas harian di Jakarta. Waktu dan energi terbuang sia-sia di jalan, sementara pemakaian bensin meningkat dan polusi bertambah. Jalur busway ternyata tak berhasil mengurangi penggunaan mobil pribadi. Menurut Ellen Tangkudung, Sekjen MTI, transportasi massal kini sudah tak bisa ditunda lagi.

Rencananya, pemerintah akan membangun transportasi massal atau MRT Juni 2012. Jalur pertama yang akan dibangun dari Lebak Bulus ke Bundaran Hotel Indonesia. Proyek berbiaya Rp 15 triliun ini akan selesai pada 2016. Tapi, apakah proyek ini bisa mengurangi kemacetan Jakarta yang diperkirakan akan lumpuh atau macet total tahun 2014?.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini