Sukses

Heli Malaysia Memprovokasi Petugas DKP

Tiga helikopter AL Malaysia menghadang kapal Hiu 001 milik DKP Belawan dengan mengarahkan moncong senjata helikopternya ke petugas. Peristiwa ini berlangsung saat terjadi penangkapan kapal nelayan Malaysia.

Liputan6.com, Belawan: Dalam jumpa pers, Selasa (12/4), Kapten Kapal Hiu 001 TNI Angkatan Laut, Nursalim menjelaskan rekaman video yang direkam petugas DKP yang memperlihatkan penangkapan dua kapal nelayan Malaysia. 

Ketegangan sempat terjadi ketika heli Agensi Penguat Kuasaan Maritim Malaysia (APMM) dan Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) mencoba meminta petugas DKP melepas nelayan mereka. Aparat Malaysia mengklaim bahwa kapal nelayan mereka masih berada di dalam wilayah negeri Jiran itu. Tiga helikopter Malaysia pun mencoba menghadang kapal Hiu 001 milik DKP Belawan dengan mengarahkan moncong senjata helikopternya.

Petugas DKP yang sedang melakukan patroli Operasi Gurita itu tak terpengaruh dan tetap melaju mengarah ke pelabuhan Belawan tanpa mengindahkan provokasi aparat keamanan Malaysia. Bahkan, petugas DKP berbalik mengingatkan bahwa helikopter Malaysia sudah masuk ke dalam perairan Indonesia. Karena permintaannya tidak digubris, Tentara Diraja Malaysia pun akhirnya kembali menuju perairan mereka. (ADI/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini