Sukses

Upaya Pemadaman di Cilacap Terus Dilakukan

Untuk tangki 31-T2, kondisi api sudah mengecil dan api di tangki 31-T3 sudah mulai berkurang. Sedangkan di tangki 31-T7 api masih fluktuatif.

Liputan6.com, Jakarta: Pertamina hingga saat ini masih berupaya memadamkan kebakaran tangki di Cilacap, Jawa Tengah. Pemadaman dengan menggunakan foam terhadap tangki 31-T2, 31-T3 dan 31-T7. Demikian rilis yang dikirim Pertamina, baru-baru ini.

Untuk tangki 31-T2, kondisi api sudah mengecil dan api di tangki 31-T3 sudah mulai berkurang. Sedangkan di tangki 31-T7 api masih fluktuatif.

Di samping upaya pemadaman, Pertamina juga memfokuskan pada upaya pendinginan dengan menggunakan air terhadap tangki 32T-104 yang berada di sebelah Timur tangki 31-T7. Saat ini tangki 32T-104 telah dilokalisir dengan menyemprotkan air kepada tangki sehingga membentuk tirai air untuk menstabilkan suhu pada tangki tersebut. Ring Water Springkler yang berada di sekitar tangki juga masih berfungsi secara otomatis.

Penggunaan foam terus dilakukan kepada tangki 31-T2, 31-T3, dan 31-T7 dengan menggunakan Nozzle Watercanon Foam yang berdaya lontar 20 meter. Teleskopic Foam berdaya Lontar 30 meter, dan Terminator Gun Foam melontarkan foam dengan Volume  3.000 Galon per menit. Pertamina menyediakan 42 ton foam yang berasal dari berbagai lokasi operasi.

Sementara itu, bantuan fireman dari Refinery Unit VI Balongan juga telah telah tiba, yakni sebanyak 21 orang. Dengan begitu total fireman yang saat ini bekerja memadamkan tangki berjumlah 80 orang, termasuk pekerja Pertamina RU IV Cilacap dari bagian operasi dan perawatan. Pertamina juga mempersiapkan pemadaman dengan menggunakan empat helikopter, termasuk dua buah dari TNI-AU.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.