Sukses

Kilang Pertamina di Cilacap Terbakar

Kebakaran terjadi di kompleks kilang Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jateng, Sabtu pagi. Kebakaran terjadi di Tangki 31 T-2 yang berisi minyak ringan HMOC.

Liputan6.com, Cilacap: Kebakaran terjadi di kompleks kilang Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (2/4) pagi. Kebakaran terjadi sekitar pukul 04.30 WIB.

Iik, warga sekitar, mengaku sempat mendengar suara ledakan. Ia lantas segera mencari sumber ledakan itu dan ternyata terlihat kebakaran di kompleks kilang Pertamina di Lomanis. "Apinya sangat besar. Tapi nggak tahu dari kilang yang mana," kata Iik.

Pertamina RU IV Cilacap menyatakan masih menyelidiki penyebab kebakaran. "Kami masih menyelidiki penyebab kebakaran dan kerugian atas kejadian ini. "kata Public Relations Section Head Pertamina RU IV Cilacap, Kurdi Susanto. "Masih dalam investigasi dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini."

Kebakaran, lanjut Kurdi, langsung ditangani regu pemadam kebakaran Pertamina RU IV Cilacap. Pihaknya juga terus melakukan pemadaman hingga pendinginan dan mengimbau masyarakat sekitar lokasi untuk tetap tenang. "Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," katanya.

Kurdi mengatakan, kebakaran terjadi di Tangki 31 T-2 yang berisi minyak ringan HMOC atau High Octane Mogas Component, pukul 04.55 WIB. "HMOC merupakan bahan campuran untuk menaikkan nilai oktan pada bahan bakar jenis premium," ucapnya.

Ia menjelaskan, kebakaran tersebut tidak mengganggu proses produksi bahan bakar minyak di kilang RU IV. "Proses produksi tetap berjalan dan tangki di sekitar kebakaran sudah kita dinginkan dan dikosongkan," ujar Kurdin. Hingga pukul 08.30 WIB, kebarakan tersebut belum bisa dipadamkan petugas.(BOG/ANT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini