Sukses

Puluhan Warga Alami Gangguan Jiwa

Sebanyak 60 warga di sebuah kampung di Ponorogo, Jatim, menderita gangguan jiwa. Jumlah itu diduga akan terus bertambah.

Liputan6.com, Ponorogo: Sebanyak 60 warga Desa Paringan, Kecamatan Jenangan, Ponorogo, Jawa Timur, mengalami gangguan jiwa, Kamis (31/3). Jumlah itu diduga akan terus bertambah.

Keberadaan 60 warga dari 6000 populasi di desa terlihat menonjol. Mereka berkeliaran di luar rumah, mengamuk, dan ada juga yang diam di rumah. Menurut Kepala Desa Paringan. Muhammad Sarwin, penderitaan tersebut sudah dialami sejak puluhan tahun lalu.

"Parahnya, pemerintah setempat sama sekali belum memberi perhatian khusus terhadap warga Desa Paringan," kata Sarwin. "Itu semua adalah orang yang ada di garis kemiskinan karena desa kami adalah desa tertinggal," kata Muhammad Sarwin. 

Menurut Kepala Puskesmas Jenangan Siti Nurfarida, mayoritas warga di desa itu bekerja sebagai buruh tani dan petani penggarap. "Selain itu, ada faktor genetik atau turunan dari orangtua mereka yang sebelumnya juga mengalami gangguan jiwa," katanya.

Siti menjelaskan, misalnya ada anggota keluarga yang stres, maka dia ikut stres dan kemudian kambuh. "Kami sempat memberikan penanganan yakni memberikan obat antipsikotik, hingga memberikan edukasi pada keluarga pasien. Dalam hal ini kita bekerja sama dengan perangkat desa untuk mendistribusi obat," katanya.

Kendalanya, kata Siti, adalah kekurangan orang. "Kami berharap masyarakat bisa ikut terlibat secara langsung," tambahnya.(BJK/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini