Sukses

Menarik Wisatawan dengan Sepeda Kreasi

Di sekitar Alun-alun Kidul, Yogyakartra, sekelompok warga membuka jasa penyewaan sepeda kreasi. Model sepeda dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menarik wisatawan untuk menikmati waktu di atas ayunan sepeda.

Liputan6.com, Yogyakarta: Kreativitas didukung pariwisata. Itulah yang dimanfaatkan sebagian warga Ngadisuryan, Yogyakarta. Sadar akan potensi wisata yang terus berkembang, mereka menciptakan sepeda kreasi.

Moda transportasi ramah lingkungan ini dibentuk sedemikian rupa dan dilengkapi bel serta lampu warna warni sehingga tampak indah di malam hari. Dengan begitu, diharapkan menarik wisatawan untuk menyewa jasa sepeda kreasi berpenumpang empat orang itu sekadar menikmati waktu dan suasana Kota Gudeg.

Untuk membuat sepeda kreasi diperlukan biaya Rp 6 juta. Agar tidak terasa berat, warga pun iuran bersama menanggung biaya pembuatannya. "Untuk modal, biasanya satu unit dimiliki dua orang. Jadi untuk investasinya kita tanggung bersama," kata Pratomo, warga Ngadisuryan, Sabtu (26/3).

Dalam sehari, tambah Pratomo, uang Rp 100 ribu bisa diraih dari para wisatawan. "Dengan adanya wahana (sepeda santai) ini, masyarakat di sekitar bisa mengais rezeki dengan cara menyewakan," ucapnya. Cukup dengan uang Rp 10 ribu, wisatawan dapat berkeliling Alun-alun Kidul untuk satu kali putaran.

Tak hanya bermanfaat secara ekonomi bagi warga sekitar, keberadaan sepeda kreasi juga menghidupkan kawasan wisata di Alun-alun Kidul dan memberi sumbangan nyata bagi pariwisata Kota Yogyakarta.(BOG))

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.