Sukses

Penumpukan Truk Masih Terjadi di Bakauheni

Idealnya jumlah kapal feri yang beroperasi adalah 24 kapal dalam sehari. Namun kini hanya 17-18 kapal. Sebanyak delapan kapal feri masih menjalani perawatan rutin.

Liputan6.com, Bandarlampung: Penumpukan truk barang kembali terjadi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, dan Pelabuhan Merak, Banten, dalam dua hari terakhir. Hal ini akibat cuaca ekstrem yang melanda Perairan Merak-Bakauheni, serta kapal yang dioperasikan masih di bawah jumlah standar operasional.

"Penumpukan kendaraan tidak separah seperti bulan lalu. Di Pelabuhan Bakauheni, kendaraan menumpuk hanya di areal pelabuhan, laporan terakhir juga menunjukkan hal yang sama di Pelabuhan Merak," kata Manager Operasi PT ASDP Cabang Bakauheni Zailis Anas, di Bakauheni, Rabu (23/3).

Zailis Anas menyebutkan idealnya jumlah kapal feri yang beroperasi adalah 24 kapal dalam sehari. Namun kini hanya 17-18 kapal. Sebanyak delapan kapal feri masih menjalani perawatan rutin (doking) sejak Januari lalu, namun belum selesai perbaikannya sampai sekarang.

Sehubungan kapal-kapal feri reguler itu masih doking, maka pihaknya masih mengoperasikan tiga kapal feri bantuan meski berdaya angkut kecil. Zailis Anas juga menyebutkan faktor cuaca ekstrem di Selat Sunda juga berpengaruh terhadap penumpukan kendaraan karena kapal sulit bersandar dan waktu pelayaran menjadi lebih lama. "Waktu keluar masuk kapal ke pelabuhan menjadi sulit. Ini juga berdampak terhadap penumpukan kendaraan," katanya.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam situsnya memperkirakan tinggi gelombang di perairan Merak-Bakauheni pada Rabu berkisar 0,5-1,5 meter. Selain itu, cuaca di Selat Sunda bagian utara berawan dan angin bertiup dengan kecepatan 05-15 knot. Di Selat Sunda bagian selatan tinggi gelombang berkisar 1,5-3,0 meter, cuaca berawan dan angin bertiup dengan kecepatan 10-20 knot.(Ant/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.