Sukses

Warga Nekat Terjang Banjir Lahar Dingin

Banyak pengguna jalan di sepajang bantaran Kali Putih, Magelang, Jateng, nekat melintasi jalan yang penuh material Gunung Merapi. Padahal, banjir susulan sewaktu-waktu bisa datang dan mengancam keselamatan mereka.

Liputan6.com, Magelang: Ternyata banyak pengguna jalan di Jalan Raya Dusun Gempol, Desa Jumoyo, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang nekat. Pasalnya, mereka memaksakan diri melintasi jalan yang dipenuhi material Gunung Merapi meski sewaktu-waktu bisa datang banjir susulan.

Salah seorang relawan, Sarju, menyatakan para pengguna jalan yakin banjir lahar dingin yang terjadi Selasa petang kemarin tidak sebesar banjir pada Senin silam. Meski begitu, ia tetap prihatin karena sebagian pengguna jalan, terutama para pengendara motor, tidak sabar.

Seperti diketahui, sejak banjir lahar dingin Gunung Merapi menerjang sembilan sungai di wilayah Magelang, 4000 jiwa lebih mengungsi karena rumah-rumah mereka rusak. Sebagian besar warga yang menjadi korban banjir lahar dingin tersebut kini menempati shelter. Sementara itu sebagian lagi berada di balai desa, puskesmas, maupun gedung sekolah.(BJK/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.