Sukses

Gunung Karangetang Meletus

Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut, pukul 18.00 WIB, meletus. Api disertai semburan abu setinggi 75 meter dimuntahkan gunung itu.

Liputan6.com, Sitaro: Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Jumat (18/3) pukul 18.00 WIB, meletus. Akibat semburan api dan debu yang dikeluarkan, sedikitnya satu rumah hangus terbakar.

Sebuah jembatan yang menghubungkan dua desa juga putus akibat terjangan lahar panas. Akibatnya, 40 keluarga kini terisolasi.

Gunung setinggi 1.827 meter dari permukaan laut itu juga mengeluarkan asap putih setinggi 100 meter disertai suara gemuruh. Lahar panas juga mengalir hingga Kali Nanitu sejauh 1.500 meter.

Pemerintah daerah setempat sudah berada di lokasi bencana untuk memberikan pertolongan dan langkah penanganan serta evakuasi bila diperlukan.

Agustus 2010, Gunung Karangetang menyemburkan lava panas. Akibatnya, lima rumah penduduk rusak dan empat orang dinyatakan hilang. Keempat orang hilang itu berasal dari Kampung Kinali, Kecamatan Siau Utara [baca: Gunung Karangetang Semburkan Lava Panas].(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini