Sukses

Sawah Rusak Akibat Bocornya Minyak Mentah

Bocornya ribuan liter minyak mentah dari pipa minyak milik Pertamina di kawasan Pasar Sore, Sambong, Blora, Jawa Tengah, mengakibatkan puluhan hektare sawah rusak.

Liputan6.com, Blora: Bocornya ribuan liter minyak mentah dari pipa minyak milik Pertamina di kawasan Pasar Sore, Sambong, Blora, Jawa Tengah, mengakibatkan puluhan hektare sawah rusak. Sejumlah petani berusaha menyelamatkan sawahnya dari rendaman minyak mentah yang yang tingginya mencapai lima sentimeter.

Meski warga berupaya mengambil minyak yang menggenangi sawah, puluhan hektare sawah tak bisa diselamatkan. Banyak benih padi yang hendak ditanam langsung menguning dan hampir mati. Padi yang hampir penen turut mengalami kerusakan. Daun-daun padi layu dan mengering.

Para petani khawatir masih pekatnya minyak yang menutupi sebagian besar sawah akan merusak kesuburan tanah sehingga tak dapat lagi ditanami sampai beberapa tahun ke depan. Tak hanya merusak padi, ikan-ikan kecil dan belut sawah turut mati. Para petani berharap Pertamina segera mengambil tindakan secepatnya.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini