Sukses

KM Rahmatia Sentosa Sulit Dievakuasi

KM Rahmatia Sentosa yang tenggelam di perairan Muara Jungkat, Pontianak, Kalbar, makin sulit dievakuasi. Kapal terbenam di dasar muara dan sulitnya medan menjadi faktor utama.

Liputan6.com, Muara Jungkat: Kapal Motor Rahmatia Sentosa yang tenggelam di perairan Muara Jungkat, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (3/3) makin sulit dievakuasi. Kapal terbenam di dasar muara dan sulitnya medan menjadi faktor utama.

Tim evakuasi terus berupaya merampungkan pengangkatan bangkai kapal KM Rahmatia Sentosa. Saat ini evakuasi kapal baru 60 persen. Puluhan penyelam pun sudah memasuki tiga minggu untuk berusaha mengangkat semen-semen sebanyak 14 ribu sak yang sudah membeku dan lengket di badan kapal. Sekarang baru terangkat sekitar enam ribu sak semen. Butuh waktu yang sangat lama untuk bisa mengangkat kapal.
 
Ketua Tim Penyelam Kapal Tenggelam Abdul Halik mengatakan proses evakuasi ini adalah yang terberat. Karena dengan batas pandang hanya 10 centimeter, mereka harus meraba-raba saat mencongkel semen yang sudah membatu dalam palka kapal. Tim menargetkan Ahad mendatang kapal bisa terangkat. Kapal ini tenggelam setelah bertabrakan dengan KM Wewah, pertengahan Februari silam [baca: Jalur Pelayaran Pontianak Masih Lumpuh Total].(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.