Sukses

Upacara Melasti Digelar di Jepara

Ratusan umat Hindu mengikuti ritual Melasti yang digelar di Pantai Bandengan, Jepara. Ritual itu dilakukan untuk menyambut Hari Raya Nyepi.

Liputan6.com, Jepara: Ratusan umat Hindu mengikuti ritual Melasti di Pantai Bandengan, Jepara, Jawa Tengah, Ahad (27/2) petang. Melasti diikuti hampir semua umur mulai dari anak-anak hingga orang tua. Melasti adalah rangkaian kegiatan umat Hindu dalam menyambut Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Sabtu mendatang.

Rangkaian prosesi Melasti diawali dengan menyanyikan kidung-kidung berlafal doa. Setelah itu, para pemuka agama memercikan air suci yang diyakini bisa membawa berkah. Peserta Melasti juga mendapatkan beras kuning yang ditempelkan di kepala, wajah, dan leher.

Ritual Melasti juga diwarnai larung sesaji berupa hasil bumi. Dengan menggunakan perahu motor, sesaji dibawa ke tengah laut untuk dilarung. Kegiatan itu memiliki maksud untuk mensucikan dunia dan umat manusia.

Tradisi dilanjutkan dengan mengambil tirto kamandanu atau air laut tempat melarung sesaji. Air yang dibawa dari tengah laut akan digunakan untuk membersihkan pura dalam kegiatan Catur Brata Nyepi atau kegiatan sehari sebelum upacara Nyepi.

Bagi umat Hindu, jika berbagai ritual ini dilaksanakan dengan penuh khidmat dan kesungguhan maka jiwa dan raga masing-masing umat Hindu akan  suci sehingga dapat menjalani kehidupan di dunia dengan lurus dan tidak menyimpang dari berbagai aturan yang ditetapkan.(BJK/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.