Sukses

Evakuasi Pilot Cassa Masih Berlangsung

Evakuasi jenazah pilot Fadlul Karim dari bangkai pesawat Casa 212 milik PT Sabang Merauke Raya Charter, hingga Minggu pukul 08.30 WIB, masih berlangsung. Proses evakuasi sudah berlangsung selama sekitar 19 jam setelah pesawat jatuh di hutan Kampung Kampe, Desa Malang Rapat, Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Sabtu sekitar pukul 13.45 WIB.

Liputan6.com, Tanjungpinang: Evakuasi jenazah pilot Fadlul Karim dari bangkai pesawat Casa 212 milik PT Sabang Merauke Raya Charter, hingga Minggu pukul 08.30 WIB, masih berlangsung. Proses evakuasi sudah berlangsung selama sekitar 19 jam setelah pesawat jatuh di hutan Kampung Kampe, Desa Malang Rapat, Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Sabtu sekitar pukul 13.45 WIB.

"Genangan air dan avtur dalam bangkai pesawat menghambat proses evakuasi korban yang terjepit," kata Kepala Kantor SAR Tanjungpinang, Bambang, Subagyo, seperti dikutip Antara.

Bambang mengatakan, posisi moncong pesawat yang tertanam tegak lurus sedalam 2,5 meter ke dalam lumpur menyebabkan air dan avtur tergenang serta sulit dikeluarkan. Air yang telah bercampur avtur sulit dikeluarkan dari pesawat yang menancap. Kondisi ini juga rawan terbakar jika terpercik api. Proses evakuasi sempat dihentikan pada pukul 03.00 WIB karena tim menemui jalan buntu dan baru dilanjutkan sekitar pukul 07.00 WIB.

"Kami saat ini sedang mengusahakan cara lain untuk mengevakuasi korban secepatnya," ujar Bambang. Empat orang korban meninggal dari pesawat Cassa 212 SMAC yang sudah berhasil dievakuasi saat ini berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjungpinang. Mereka adalah kopilot Resard Bukalow warga Australia, Suroto dan Hendro Susanto yang bertugas sebagai kru dan teknisi Syahrul Nasution.

Sementara itu, reporter Liputan6 SCTV melaporkan dua jenazah yang telah berhasil dievakuasi langsung diterbangkan ke Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini