Sukses

Ratusan Warga Blokir Jalan ke Pertambangan

Ratusan penambang emas di kawasan perbukitan Poboya, Kota Palu, Sulteng, menolak kehadiran anak perusahan Bumi Resources yangakan melakukan eksplorasi di daerah itu.

Liputan6.com, Palu: Ratusan penambang rakyat berunjuk rasa di pertigaan jalan menuju Poboya, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (8/2). Mereka sengaja memasang dua mobil untuk memblokade jalan menuju kawasan pertambangan.

Aksi ini terkait dengan penolakan penambang terhadap kehadiran PT Citra Palu Mineral selaku pemegang kontrak resmi tambang emas di kawasan Poboya. Para penambang menuntut perusahaan dibawah bendera Bumi Resources itu boleh melakukan kegiatan eksplorasi jika sudah menyerahkan lahan areal pertambangan rakyat seluas 12 ribu hektare dari 34 ribu hektare areal kontrak karya.

Namun, Wali Kota Palu Rusdi Mastura meminta perusahaan milik Bakrie Group itu tetap dibolehkan melakukan eksplorasi sebelum menjalankan tuntutan memperhatikan penambang rakyat.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.