Sukses

Dentuman Keras dari Efek Suara Sonic Boom

Warga Karanganyar, Jawa Tengah sempat dibuat panik usai mendengar suara dentuman keras berjarak puluhan kilometer dari rumah warga. Sumber suara diketahui efek suara sonic boom pesawat F-16.

Liputan6.com, Karanganyar: Warga Karanganyar, Jawa Tengah sempat dibuat panik usai mendengar suara dentuman keras berjarak puluhan kilometer dari rumah warga, Senin (31/1) pagi. Mereka mengira suara dentuman adalah pesawat terbang yang jatuh di sekitar Gunung Lawu Karanganyar. Namun baru diketahui suara itu adalah efek suara sonic boom pesawat F-16 yang tengah melintas dengan kecepatan tinggi di atas Gunung Lawu.

Suara dentuman keras terdengar dua kali. Efek getaran dirasakan warga cukup dahsyat. Kejadian itu langsung dilaporkan warga ke Kepolisian Resor Karanganyar.

Laporan warga ditindaklanjuti Kepala Polres Karanganyar Ajun Komisaris Besar Polisi Edi Suroso dan Dandim Karanganyar 0727 Letkof Infantri Yusron Yusuf. Aparat mendatangi sumber suara di sekitar wilayah Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Dari situlah sumber suara diketahui adalah efek suara sonic bom pesawat F-16.

Suara dentuman bahkan terdengar hingga Kecamatan Karangpandan, Jenawi, Mojogedang, hingga Karanganyar Kota. Kecamatan Ngargoyoso sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Karangpandan.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini