Sukses

Labu dan Semangka Raksasa di Sidrap

Setelah ditimbang berat semangka mencapai 50 kilogram sedangkan labu seratus kilogram. Buah ini diadopsi dari bibit di Jepang.

Liputan6.com, Sidrap: Buah semangka dan labu berukuran sangat besar berhasil dipanen para petani asal Sidrap, Sulawesi Selatan, belum lama ini. Setelah ditimbang berat semangka mencapai 50 kilogram sedangkan labu seratus kilogram. Buah ini diadopsi dari bibit di Jepang.
 
Hirotaka Hirano, pria pensiunan pegawai pertanian Jepang bersama petani setempat mengembangkan buah semangka dan labu raksasa. Proses dimulai dengan bibit yang telah disemai, ditanam di tanah gembur berpasir, disertai taburan arang halus serta pupuk kimia secara teratur.
 
Lalu saat bibit itu hendak ditanam, menggunakan pola berjarak teratur yakni 150 sentimeter. Agar tanah tetap hangat untuk tumbuhan dari sengatan sinar matahari, diberi gabah bekas padi di atas dan disiram air bersih.
 
Jika para petani Indonesia telaten, sabar, dan punya ilmu pengetahuan yang baik dalam bercocok tanam maka kehidupan layak bakal terwujud. Sebab tanah dan iklim di Indonesia lebih baik dari Jepang.
 
Hasil dapat dinikmati setelah menunggu 100 hari atau sekitar tiga bulan lebih. Harga buah jelas berbeda. Yakni berkisar Rp 70 ribu hingga Rp 100 ribu per buah.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini