Sukses

Rob Rendam Ratusan Rumah di Bone

Ratusan rumah di Bone, Sulsel, tergenang menyusul banjir rob. Banjir akibat luapan air pasang Pantai Teluk Bone itu merupakan yang pertama kali dalam puluhan tahun.

Liputan6.com, Bone: Ratusan rumah di Bone, Sulawesi Selatan, Kamis (27/1), tergenang air laut setinggi betis orang dewasa. Kondisi ini membuat warga khawatir. Pasalnya, puluhan tahun mereka mendiami wilayah yang berjarak satu kilometer dari bibir pantai itu baru kali ini rumah mereka terendam rob.

Banjir ini juga memaksa warga membersihkan rumahnya dari kotoran yang masuk. Selain itu, mereka harus membuat jembatan untuk menghubungkan satu rumah dengan kediaman lainnya.

Luapan air laut terjadi diduga akibat tidak adanya tanggul pembatas di bibir pantai. Sehingga air pasang dapat naik hingga jalan raya.

Situasi serupa juga terjadi di Sikka, Nusa Tenggara Timur. Ratusan rumah di tepi Pantai Utara Flores hancur akibat diterjang gelombang pasang.

Identifikasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan tim Reaksi Cepat Taruna Siaga Bencana menemukan setidaknya ada tujuh kecamatan yang terkena dampak gelombang ini. Salah satunya Kecamatan Talibura. Di sini rumah warga tergenang air setinggi paha orang dewasa. Kondisi ini membuat aktivitas warga lumpuh total selama sebulan terakhir.

Warga berharap pemerintah daerah setempat dapat merelokasi mereka ke tempat yang aman. Sehingga mereka terlindung dari terjangan gelombang pasang berikutnya.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini