Sukses

Manusia Juga Bisa Bikin Crop Circle

Siapa sangka manusia juga bisa membuat crop circle? Ada cara paling umum untuk menghasilkan pola unik crop circle yang menjadi fenomena dan perdebatan sebagian peneliti.

Liputan6.com, Yogyakarta: Siapa sangka manusia juga bisa membuat crop circle? Untuk menghasilkan pola ini, cukup dengan mengumpulkan beberapa orang dan mengikatkan tali ke sebuah tiang sementara. Lalu, berpatokan pada panjang tali, gunakan papan untuk merebahkan tanaman di ladang. Cara ini merupakan metode paling umum untuk menghasilkan crop circle.

Tapi, perdebatan tentang crop circle belum berakhir. Sebagian peneliti bidang ini menilai aksi orang membuat crop circle tak menunjukkan semua crop circle pasti dibuat oleh tangan-tangan manusia. Sejumlah pola berukuran sangat besar berbentuk sangat rumit dan terbentuk hanya dalam semalam dianggap sangat sulit dibuat.

Menurut M Irfan, penggiat komunitas UFO, crop circle yang terjadi di negara-negara lain umumnya berada di ladang gandum. Pola corp circle juga tak membuat tanaman mati meski tak bisa dikonsumsi karena sudah terkena radiasi.

Sebagian crop circle sebetulnya tidak berbentuk circle atau lingkaran. Banyak pola sangat rumit sehingga dianggap kecil kemungkinan terbentuk secara alami [baca: Fenomena "UFO" Mengundang Perhatian UFONESIA].

Di Indonesia, fenomena ini menjadi buah bibir setelah crop circle terlihat di area persawahan, Dusun Rejosari, Sleman. Gambar geometri itu berbentuk lingkaran berdiameter 60 meter. Pemilik lahan hanya bisa pasrah melihat antusiasme warga. (ASW/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini