Sukses

Ribuan Hektare Tambak Bandeng Hancur

Petani tambak di Gresik, Jatim, rugi ratusan juta rupiah. Tambak milik mereka rusak setelah diterjang gelombang tinggi. Pemerintah diminta turun tangan.

Liputan6.com, Gresik: Ribuan hektare tambak bandeng di Desa Mengare, Bungah, Gresik, Jawa Timur, hancur diterjang gelombang tinggi, baru-baru ini. Akibatnya, petani tambak harus menanggung kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Desa Mengare termasuk sentra penghasil bandeng. Namun, sejak gelombang setinggi tiga meter menerjang, budi daya bandeng yang berusia dua hingga tiga bulan ikut hanyut. Ini yang membuat petani tambak merugi karena gagal panen.

Untuk menanggulangi kerusakan yang lebih parah, para petambak bergotong royong memperbaiki tanggul. Mereka memasang sak berisi pasir dan papan Dari bambu di pematang tambak yang lokasinya langsung berhadapan dengan bibir laut.

Meski hasilnya tak maksimal, karena sewaktu waktu dapat kembali tergerus gelombang tinggi, para petani terus berjuang memasang tanggul. Sebab, hanya itulah yang bisa dilakukan petani agar tak mengalami kerugian lebih banyak lagi.

Para petani tambak berharap, pemerintah turun tangan dengan membuat bangunan pemecah gelombang. Dengan begitu abrasi tidak semakin meluas menghancurkan tambak petani.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini