Sukses

Gaji Minim, TNI Pilih Wirausaha

Untuk menyiasati gaji pas-pasan, sejumlah anggota TNI di Cibinong, Bogor, Jawa barat, memilih berwirausaha. Sedikitnya 1.800 anggota TNI Divisi Infanteri I itu memulai bisnis sendiri sejak satu tahun terakhir.

Liputan6.com, Bogor: Gaji pas-pasan rupanya tidak menyurutkan juang sebagian orang. Di Cibinong, Bogor, sejumlah anggota TNI berwirausaha demi mencukupi kebutuhan hidup.

Sedikitnya 1.800 anggota TNI Divisi Infanteri I itu memulai bisnis sendiri sejak satu tahun terakhir. Berbagai usaha tersebut antara lain berkebun, beternak, hingga bisnis tambak ikan. Hampir tidak ada lahan kosong di sekitar permukiman TNI yang dibiarkan kosong.

Hasil usaha dijual kembali pada keluarga TNI dengan harga yang lebih murah dari pasar. Sedikitnya 50 kilogram telur ayam dijual setiap hari, sementara sayur dan ikan dipanen setiap empat bulan.

Tak hanya itu, terdapat pula sebagian usaha yang sepenuhnya gratis seperti jasa cukur rambut dan air isi ulang. Kebiasaan ini membuat atmosfer kekeluargaan terasa begitu kental.

Di tengah luasnya lahan dan terbatasnya penghasilan, inilah pilihan yang mereka ambil. Mereka memilih tak berkeluh kesah, walau belum lama ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 'curhat' terkait gajinya yang tidak kunjung naik [baca: Presiden SBY Curhat Gajinya Belum Naik]. (WIL/Vin)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini