Sukses

Lereng Merapi Dilanda Hujan Es

Hujan deras disertai es sebesar biji kelereng melanda kawasan lereng Gunung Merapi di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Akibatnya sejumlah pohon tumbang dan atap seng rumah warga banyak yang beterbangan.

Liputan6.com, Sleman: Kawasan lereng Gunung Merapi di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Kamis (20/1) sore, dilanda hujan deras disertai es sebesar biji kelereng. Menurut anggota Tim SAR Kabupaten Sleman Sunardi, hujan deras dan es tersebut berlangsung cukup lama sekitar 1,5 jam. Akibatnya sejumlah pohon tumbang dan atap seng rumah warga banyak yang beterbangan.

Menurut dia, wilayah yang mengalami hujan es di antaranya di Kecamatan Pakem, Cangkringan, Turi dan Ngaglik. Di sepanjang Jalan Tentara Pelajar di Desa Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik, sampai dengan Dusun Pulowatu, Desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem juga banyak pohon tumbang. Akibat kejadian itu aliran listrik si sejumlah wilayah mati karena travo meledak dan kabel putus tertimpa pohon tumbang.

"Saat ini kami bersama anggota tim SAR lainnya berusaha membuka jalan yang tertutup pohon tumbang dengan memotong batang-batang pohon dengan gergaji mesin," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Toni Agus Wijaya mengatakan, fenomena hujan es tersebut disebabkan munculnya awan "Cumulonimbus" yang berdampak pada turunnya hujan es.

"Awan tersebut berbeda dari biasanya dengan membentuk vertikal dengan ketinggian tertentu pada awan yang ada. Awan tersebut menyentuh titik paling tinggi di udara yang bersuhu sangat dingin kemudian menjadi partikel beku saat hujan turun sehingga terjadi hujan es," katanya.(IAN/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.