Sukses

Simeulue Empat Kali Digoyang Gempa

Gempa yang terjadi menjelang Salat Magrib sempat membuat masyarakat panik. Terutama warga yang berdomisili di pesisir pantai, Simeulue, Nanggroe Aceh Darussalam.

Liputan6.com, Banda Aceh: Gempa bumi empat kali mengguncang Kepulauan Simeulue, Nanggroe Aceh Darussalam, sepanjang Selasa (18/1). Namun sejauh ini tidak ada laporan kerusakan bangunan dan korban jiwa akibat fenomena alam tersebut.

Pangamat gempa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mata Ie, Zulham menyebutkan tiga dari empat kali gempa dirasakan masyarakat di pulau tersebut. Sebelumnya, gempa berkekuatan 5,7 SR juga dirasakan masyarakat di kepulauan yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia itu. "Posisi gempa yang dirasakan masyarakat Simeulue itu berada di perairan laut," kata Zulham.

Anggota DPRK Simeulue Rahmad menyebutkan gempa yang terjadi menjelang Salat Magrib sempat membuat masyarakat panik. Terutama warga yang berdomisili di pesisir pantai. "Sebagian besar warga sempat panik ketika merasakan guncangan gempa kuat itu, terutama kaum perempuan," kata Rahmad.

Pulau Simeulue berjarak sekitar 100 mil laut dari pesisir pantai barat Provinsi Aceh. Kawasan itu merupakan salah satu daerah rawan gempa bumi.(Ant/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.