Sukses

Aktivitas Vulkanik Bromo Belum Reda

Aktivitas Gunung Bromo masih terjadi dengan mengeluarkan beberapa kali letusan yang disertai hujan abu dan material vulkanik tebal. Muntahan Bromo ini mengancam permukiman penduduk di sekitar Probolinggo, Jatim.

Liputan6.com, Probolinggo: Aktivitas vulkanik Gunung Bromo hingga Ahad (9/1), masih terjadi dengan mengeluarkan beberapa kali letusan yang disertai hujan abu dan material vulkanik tebal. Muntahan Bromo ini mengancam permukiman penduduk di sekitar Probolinggo, Jawa Timur.

Data seismograf menunjukkan tremor disertai gempa vulkanik terjadi sebanyak empat kali dengan jarak letusan antara 15 detik hingga 60 detik sejak Sabtu hingga Ahad pagi. Akibatnya, abu bercampur material vulkanik dari kawah Bromo membubung hingga 600 meter ke udara. Letusan itu juga mengeluarkan lava pijar.

Seiring dengan itu, bahaya banjir lahar dingin juga masih mengancam. Terutama bagi warga yang tinggal di sepanjang bantaran Sungai Patalan, Wonomerto dan Sungai Sumber asih. Wilayah itu sempat diterjang banjir hingga mengakibatkan puluhan rumah hanyut serta memutus jembatan penghubung antardesa dan kecamatan. Warga pun bergotong royong membersihkannya [baca: Warga Bersihkan Rumah dari Sisa Lahar Dingin].(ADI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini