Sukses

Banjir Kembali Rendam Samarinda

Hujan deras yang mengguyur Kota Samarinda, Kaltim, menyebabkan sejumlah ruas jalan protokol dan ratusan rumah terendam banjir. Ini kali ketiga di bulan Januari, Kota Samarinda direndam banjir cukup tinggi.

Liputan6.com, Samarinda: Sejumlah ruas jalan protokol di kawasan Kecamatan Samarinda Ulu, Samarinda, Kalimantan Timur, terendam, Ahad (9/1). Banjir terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Kota Samarinda.

Di Jalan Pangeran Antasari dan Jalan S Parman ketinggian air mencapai 50 sentimeter hingga satu meter. Begitu pula di Jalan Lambung Mangkurat, Jalan Ahmad Yani, Jalan DI Panjaitan, Jalan Sentosa, dan Jalan Kenangan, Kecamatan Samarinda Utara. Air yang menggenangi kawasan itu cukup tinggi. Sejumlah kendaraan mogok dan harus didorong akibat sistem pengapiannya terganggu karena pengendaranya nekat menerobos banjir.

Tak hanya merendam jalan protokol, banjir juga mengakibatkan ratusan rumah tergenang air. Warga terpaksa menyelamatkan barang-barang mereka ke tempat yang lebih tinggi.

Banjir merupakan persoalan klasik di Samarinda. Selama Januari tercatat sudah tiga kali ibukota Kaltim ini direndam banjir. Pertambangan yang beroperasi mengepung Kota Samarinda dituding sebagai penyebab utama banjir, selain kegiatan pembangunan perumahan dan buruknya sistem drainase. Warga menuding Pemerintah Kota Samarinda tak becus mengatasi persoalan banjir.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.