Sukses

Premium Langka, Pembeli Antre

Sejumlah SPBU di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara mulai kehabisan stok premium. Di Kolaka, terjadi antrean panjang kendaraan mobil dan sepeda motor.

Liputan6.com, Kolaka: Sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara mulai kehabisan stok premium. Seperti di Kabupaten Kolaka, misalnya. Kelangkaan premium telah terjadi sejak sepekan ini, Kamis (6/1). SPBU yang masih memiliki stok premium pun diserbu pembeli. Akibatnya, terjadi antrean panjang kendaraan mobil dan sepeda motor. Bukan cuma di dalam areal SPBU, antrean pun berderet hingga ke jalan raya.

Kelangkaan premium ini terjadi akibat keterlambatan pasokan BBM. Sementara itu, menurut Kepala Depo Pertamina Kolaka, perilaku konsumen yang membeli BBM bersubsidi dalam jumlah banyak lalu dijual kembali dengan harga nonsubsidi, menjadi salah satu pemicu kelangkaan.

Kabar sebelumnya menyebutkan, rencana pemerintah melakukan penghematan dengan menerapkan kebijakan pembatasan BBM dikhawatirkan akan memicu gejolak ekonomi di berbagai sektor. Rakyat sebagai pengguna BBM akan merasakannya [baca: Pembatasan BBM Dikhawatirkan Picu Gejolak Ekonomi].(ASW)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.