Sukses

Keracunan Tiwul, Enam Tewas

Enam bersaudara warga Desa Jebol, Jepara, Jateng, tewas setelah keracunan tiwul. Keenam korban terpaksa mengkonsumsi tiwul sebagai pengganti nasi karena faktor ekonomi.

Liputan6.com, Jepara: Enam warga Desa Jebol, Jepara, Jawa Tengah, tewas akibat keracunan tiwul atau makanan yang diolah dari singkong. Keenam orang yang masih bersaudara itu meninggal secara beruntun sejak mengkonsumsi tiwul tiga hari lalu.

Keenam korban keracuanan itu adalah Saidatul Qusniah (8), Solihah (15), Lutfiana (24), Abdul Amin (3), Ahmad Kusriyanto (5), dan Hisyam Ali (13). Dua korban Saidatul dan Solihah dimakamkan Senin (3/1). Sebelumnya pada Sabtu Dan Ahad keempat saudaranya juga sudah dimakamkan.

Semua korban anak pasangan Jamhadi dan Siti Sunayah meninggal setelah mengkonsumsi tiwul yang dibuat ibunya. Menurut Siti, tiwul dibuat pada Jumat lalu menggunakan campuran air kelapa dan sedikit pemanis.

Tiwul tersebut disimpan di baskom kemudian dimakan bersama-sama. Saat itu Siti juga ikut memakan tiwul buatanya, namun hanya sedikit. Sebelum meninggal semua korban mengalami gejala pusing dan muntah-muntah. Siti tak mengira anaknya keracunan.

Sementara itu Jamhadi yang harus kehilangan keenam anaknya tidak bisa menyembunyikan kesedihan. Ia lolos dari maut karena saat kejadian tengah bekerja di Semarang sebagai penjahit.

Dugaan sementara penyebab meninggalnya keenam orang itu karena makanan yang dibuat masih belum sempurna. Diperkirakan masih ada jamur atau racun yang masih melekat di ketela. Namun untuk pemeriksaan lebih lanjut, tiwul beserta sisa singkong disimpan aparat Polres Jepara untuk diperiksa di laboratorium forensik.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini