Sukses

Pascabanjir Lahar Dingin, Kali Opak Dibenahi

Pascabanjir lahar dingin, petugas mulai melakukan normalisasi terhadap Kali Opak di kawasan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta: Pascaditerjang banjir lahar dingin beberapa hari terkahir ini, aliran Kali Opak yang berada di Desa Argomulyo, Cangkringan, Sleman, kini dipenuhi material lumpur pasir dan batu, dengan ketinggian mencapai lebih dari dua meter.

Guna menghindari melubernya material vulkanik ke perkampungan warga jika banjir lahar dingin kembali datang, petugas pun mulai melakukan pembenahan di sepanjang Kali Opak, Ahad (2/1), dengan menggunakan sedikitnya empat alat berat.

Tumpukan batu dan pasir yang ada di Kali Opak diangkat dan dibuatkan tanggul di pinggir sungai. Pengerukan juga dilakukan terhadap jembatan panggung  di Desa Argomulyo. Jembatan ini tertutup material lumpur setinggi hampir 50 sentimeter akibat terjangan banjir lahar dingin, Kamis (30/12) malam.(IDS/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.