Sukses

Ratusan Rumah di Aceh Utara Terendam Lagi

Banjir disebabkan tanggul yang sempat diperbaiki kembali jebol. Ratusan rumah warga di Desa Tanjing Awe, Kecamatan Samudra tergenang banjir setinggi pinggang orang dewasa.

Liputan6.com, Aceh Utara: Kabupaten Aceh Utara, Nanggroe Aceh Darussalam kembali dilanda banjir masuk pergantian tahun. Hujan lebat selama dua hari terakhir merendam ratusan rumah warga di Desa Tanjing Awe, Kecamatan Samudra. Tinggi air mencapai pinggang orang dewasa. Sekretaris Desa Tanjong Marzuki mengatakan, Ahad (2/1), banjir disebabkan bantalan Sungai Samudra yang terhubung dengan Krueng Pase jebol lagi.

Banjir bandang ini juga mengakibatkan ratusan hektare lahan sawah yang ditanami padi rusak. Marzuki menambahkan, air bah kali ini yang terparah dibandingkan banjir dua bulan silam. Ia menyatakan tanggul yang jebol itu kini sedang diperbaiki.

Menurut Marzuki, saat pertama kali tanggul jebol Gubernur Aceh Irwandi Yusuf telah memerintahkan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara segera memperbaikinya. Namun ia menilai perbaikan kurang maksimal sehingga jebol lagi. Lebih lanjut Marzuki mengatakan, pihaknya berharap Pemerinah Aceh dan Pemkab Aceh Utara untuk memperbaiki tanggul sungai secara permanen.(ANT/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini