Sukses

Belasan Penginapan dan Hotel di Bromo Tutup

Belasan hotel dan penginapan di kawasan wisata Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, tutup menyusul hujan abu bercampur material vulkanik yang terus terjadi.

Liputan6.com, Probolinggo: Abu vulkanik yang terus dikeluarkan Gunung Bromo menyebabkan aktivitas wisata di kawasan ini nyaris lumpuh. Sedikitnya 15 hotel dan penginapan di kawasan wisata Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Ahad (26/12) memilih tutup.

Maklum ketebalan abu dan material vulkanik sudah mencapai 15 sentimeter. Kondisi ini dikhawatirkan membahayakan pengunjung. Terlebih sejak beberapa hari terakhir, jaringan listrik padam dan jalan menuju kawasan wisata sulit dilalui.

Sebaran abu vulkanik Bromo juga meluas memasuki wilayah Situbondo, Jawa Timur. Abu yang mengandung bahan silika mirip kaca ini bisa merusak jaringan paru-paru bila terhirup.

Petugas Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Situbondo membagi-bagikan masker untuk menjaga kesehatan warga. Pembagian masker kepada para pengendara sepeda motor dan mobil yang melintas dibantu polisi. Petugas mengimbau warga selalu menggunakan masker saat berkendaraan.(IDS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini