Sukses

Natal Disambut secara Suka Cita

Perayaan Natal disambut suka cita oleh umat Kristiani di seluruh Indonesia. Misa Natal yang digelar di berbagai daerah di Tanah Air berlangsung lancar dan khidmat.

Liputan6.com, Jakarta: Perayaan Natal disambut suka cita oleh umat Kristiani di seluruh Indonesia. Misa Natal yang digelar di berbagai daerah di Tanah Air berlangsung lancar dan khidmat, Sabtu (15/12).

Ribuan umat Kristiani mendatangi Gereja Katedral yang merupakan gereja terbesar di Jakarta, guna mengikuti misa Natal. Dalam pesannya, Uskup Agung Ignatius Suharyo menghimbau agar Natal dirayakan dengan semangat kesederhanaan. Misa diakhiri dengan komuni, yaitu pembagian roti tanpa ragi kepada para jemaat.

Gereja Kampung Sawah di Bekasi, Jawa Barat, menggelar empat kali misa. Jemaat gereja itu memiliki tradisi memakai sarung dan peci, karena sebagian jemaatnya merupakan warga Betawi asli. Namun, tahun ini tidak banyak jemaat yang berpakaian adat Betawi.

Pelaksanaan misa Natal di Gereja Santo Ignasius Loyola di Desa Pulutan, Wonosari Gunungkidul, Yogyakarta, diadakan dengan nuansa yang sangat kental dengan adat Jawa. Para pengurus gereja mengenakan busana  khas Jawa dan misa diiringi gamelan.

Di Salatiga, Jawa Tengah, pesan kesederhanaan Natal juga terlihat dalam perayaan yang dimulai sejak pukul empat pagi. Ribuan orang menghadiri peribadatan di pusat kota yang di selenggarakan oleh Badan Kerjasama Gereja-gereja Salatiga. Walau hanya dengan beralas tikar dan koran, jemaat tetap khusu mengikuti khotbah.(ADI/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.