Sukses

Longsor Hancurkan Lima Rumah

Lima rumah di Tatoa, Mamasa, Sulawesi Barat, hancur tertimpa longsor.

Liputan6.com, Mamasa: Lima rumah di Kelurahan Tatoa, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Senin (20/12), hancur tertimpa longsor. Kondisi tanah yang labil serta tingginya curah hujan menjadi penyebab utama. Namun, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Warga sekitar berupaya menggali timbunan longsor secara bergotong-royong. Walau kondisi kemiringan lereng gunung di sekitar permukiman rentan terhadap longsor, mereka enggan berpindah ke lokasi lain. Para korban yang kini mengungsi ke tetangga dan masjid terdekat beralasan tak memiliki pilihan maupun biaya.

Maria, salah seorang korban longsor, kebingungan karena rumah yang dibangun dari hasil jerih payahnya selama ini rata dengan tanah. Penghasilannya dari menggarap kebun jauh dari cukup untuk membangun tempat tinggal baru. Hingga saat ini, pemerintah setempat belum memberikan bantuan apa pun.

Di Tegal, Jawa Tengah, kemarin, ratusan warga mengikuti simulasi bencana tanah longsor. Selain dilatih menyelamatkan diri, warga juga diberi pelatihan cara mengevakuasi korban serta pertolongan pertama.

Di Tegal, setidaknya ada empat daerah yang dikategorikan sebagai daerah rawan tanah longsor. Antara lain kawasan Jatinegara, Bojong, Bumijawa dan Balapulang karena berupa daerah perbukitan [baca: Ratusan Warga Tegal Ikuti Simulasi Longsor].(WIL/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.