Sukses

Abu Vulkanik Bromo Meluas ke Timur dan Selatan

Abu dan material vulkanik yang keluar dari kawah Gunung Bromo menghujani kawasan timur dan selatan Probolinggo, Jawa Timur. Aktivitas vulkanik meningkat setelah turun menjadi siaga.

Liputan6.com, Probolinggo: Tak cuma sampai ke Lumajang, Jawa Timur. Abu dan material vulkanik yang keluar dari kawah Gunung Bromo bahkan menghujani kawasan Jatim lain yakni di Jember, Malang, dan Pasuruan. Kawasan lain di sebelah selatan Probolinggo pun tak luput dari hujan abu dan material vulkanik Gunung Bromo, Ahad (19/12).

Ketebalan abu vulkanik kini semakin tebal mencapai 10 sentimeter. Kondisi ini menganggu aktivitas warga sejak sepekan terakhir di delapan kecamatan wilayah Kabupaten Probolinggo. Hujan abu dan material vulkanik deras terjadi di Kecamatan Sumber, Probolinggo yang merupakan wilayah terdekat dengan Gunung Bromo.

Angin yang mengarah ke wilayah selatan dan timur menyebabkan langit di Kecamatan Sumber terlihat gelap. Sebab hujan abu dan material tebal bercampur kabut. Hujan abu juga menyebabkan sejumlah pengendara harus berhati-hati. Karena jalanan licin dan pandangan mata yang terganggu. Sementara sejumlah warga berusaha membersihkan abu dan material vulkanik dari atap rumah mereka.

Petugas dari dinas kesehatan setempat membagi-bagikan masker. Tapi masih banyak warga yang tak memakai. Sejak sepekan terakhir ini petugas membagikan tiga ribu lebih masker kepada warga di sembilan desa di Kecamatan Sumber.

Aktivitas vulkanik Gunun Bromo meningkat setelah hampir sebulan statusnya turun dari awas menjadi siaga [baca: Debu Vulkanik Bromo Guyur Lumajang].(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini