Sukses

Kegempaan Anak Krakatau Kembali Meningkat

Aktivitas kegempaan Gunung Anak Krakatau meningkat kembali setelah sempat turun. Warga dilarang untuk mendekat pada radius dua kilometer.

Liputan6.com, Serang: Aktivitas kegempaan Gunung Anak Krakatau meningkat kembali setelah sempat turun. "Data yang terekam pada kami sepanjang Ahad lalu, jumlah kegempaan mencapai angka 493 kali, sedangkan pada Senin meningkat menjadi 566 kali," kata Kepala Pos Pemantau Anak Krakatau di Desa Pasauran, Cinangka, Serang, Banten, Anton S Pambudi, Selasa (14/12).

Secara rinci, katanya, kegempaan pada 13 Desember 2010 sebanyak 566 kali itu, terdiri dari kegempaan vulkanik dalam 30 kali, vulkanik dangkal 193 kali, letusan 52 kali, tremor letusan 67 kali, tremor harmonik 25 kali, dan hembusan 198 kali, serta terktonik jauh satu kali. Sementara pada Ahad hanya 493 kali itu yakni VA 10 kali, VB 107 kali, letusan 38 kali.

Pusat Vulkanalogi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung masih merekomendasikan larangan warga untuk mendekat pada radius dua kilometer. PVMBG, kata Anton S Pambudi, juga meminta masyarakat tetap tenang. Ia juga mengaku, akan memberi informasi seputar perkembangan GAK pada masyarakat, namun untukk saat ini kondisinya tidak perlu dikhawatirkan.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini