Sukses

Lokasi Bencana Merapi Kini Jadi Tempat Wisata

Sejumlah lokasi yang terendam banjir lahar dingin Merapi di Magelang, Jateng, kini berubah layaknya lokasi wisata bencana. Setiap hari, ratusan warga dari berbagai daerah memadati sejumlah tempat yang terendam material dan pasir Merapi.

Liputan6.com, Magelang: Sejumlah lokasi yang terendam banjir lahar dingin Merapi di Magelang, Jawa Tengah, kini berubah layaknya lokasi wisata bencana. Hal itu seperti terjadi di Dusun Gempol, Desa Jumoyo, Kecamatan Salam, Magelang. Di lokasi yang terendam akibat luapan lahar dingin Kali Putih tersebut, tiap harinya selalu didatangi ratusan warga dari berbagai daerah yang hilir mudik memadati pinggir sungai atau di permukiman penduduk yang terendam.

Berdasarkan pantauan SCTV, Senin (13/12), warga yang yang berdatangan umumnya melihat lokasi bencana sekaligus berfoto. Namun demikian para pengunjung juga mengaku turut prihatin atas musibah yang menimpa. Terutama, warga yang rumahnya rusak akibat diterjang banjir lahar dingin Merapi.

Kini, lokasi yang tepat berada di pinggir Jalan Raya Magelang-Yogyakarta tersebut juga dimanfaatkan warga setempat untuk meminta sumbangan sukarela. Uang hasil sumbangan yang terkumpul digunakan untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah akibat terjangan lahar dingin Merapi.

Banjir lahar dingin Merapi yang cukup besar tersebut terjadi pada Ahad (5/12) pekan silam. Luapan lahar di Kali Putih tersebut membuat sedikitnya 12 rumah terendam pasir dan puluhan kios di Pasar Gempol, Desa Jumoyo hancur.(BJK/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini