Sukses

Relokasi Eks Pengungsi Ricuh

Rencana relokasi terhadap ratusan warga eks pengungsi korban konflik Aceh, di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Kabupaten Langkat Sumatera Utara, berlangsung ricuh.

Liputan6.com, Aceh: Ratusan warga eks pengungsi korban konflik Aceh, di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Kabupaten Langkat Sumatera Utara, Jumat (10/12) menolak untuk direlokasi dari tempat tinggal mereka.

Dengan membawa senjata tajam, warga yang menetap di kawasan hutan tersebut sejak 1990, berusaha menghalau petugas gabungan dari Polres Langkat, Brimob Polda setempat, Batalyon Marinir Pangkalan Berandan, Kodim 02-03 Langkat, serta petugas dari Balai Taman Nasional Gunung Leuser.

Warga yang terbakar emosi tidak menerima rencana relokasi dan mempersilahkan aparat gabungan untuk keluar dari kawasan hutan Taman Nasional Gunung Leuser. Mereka mengancam akan melakukan perlawanan hingga titik darah penghabisan jika dipaksa keluar dari kawasan itu.

Saat ini tercatat lebih dari 600 kepala keluarga yang menetap di empat titik lokasi kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Aparat gabungan akhirnya
meninggalkan lokasi tanpa bisa membaut seorang pun warga pindah dari lokasi.(IDS/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini