Sukses

Banjir Rendam Permukiman dan Sawah

Banjir melanda sejumlah daerah. Puluhan rumah dan lahan persawahan di Kalipucang, Ciamis, Jawa Barat, terendam banjir setelah diguyur hujan deras.

Liputan6.com, Ciamis: Permukiman warga dan puluhan hektare sawah di Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang, Ciamis, Jawa Barat, terendam banjir, Kamis (9/12). Banjir terjadi akibat hujan deras sejak dini hari tadi, hingga Sungai Citanduy dan anak sungainya meluap. Para petani di kawasan itu terancam tidak bisa memanen sawahnya.

Di Wirosari, Grobogan, Jawa Tengah, ratusan rumah warga terendam banjir. Hujan deras selama tiga jam menyebabkan tanggul irigasi di wilayah itu  jebol dan meluap lantaran tidak kuat menahan kapasitas air. Hingga kini, warga belum berniat mengungsi karena mereka yakin banjir akan segera surut [baca: Ratusan Rumah Terendam Akibat Tanggul Jebol].

Di Desa Negeri Kaya dan Desa Pulau Panggung, Lahat, Sumatra Selatan, banjir bandang merendam permukiman warga. Sebagian besar warga mengungsi. Banjir membuat hasil panen warga hilang tergerus air. Ribuan ikan peliharaan di tambak pun ikut hanyut [baca: Banjir Bandang Terjang Dua Desa].(IDS/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.