Sukses

Nelayan Polman Sekarang Berburu Tude

Daripada terus menganggur akibat cuara buruk, para nelayan di Polewali Mandar, Sulbar, menikmati aktivitas baru mereka berburu keong laut dan kerang alias tude.

Liputan6.com, Polewali Mandar: Daripada terus menganggur akibat cuara buruk, para nelayan di Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat menikmati aktivitas baru mereka berburu keong laut dan kerang alias tude. Cara ini dijalani karena sudah sebulan mereka tidak melaut.

Para istri nelayan pun turun tangan membantu suami yang menganggur. Mereka dengan sabar mengumpulkan tude, Jumat (3/12), di sepanjang pesisir pantai. Keong dan kerang hasil tangkapan lalu dijual ke pedagang pengumpul seharga Rp 1.000 per setengah liter. Umumnya para istri nelayan bisa mengumpulkan pendapatan Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu per hari.

Pendapatan sampingan ini menjadi sandaran utama bagi keluarga nelayan untuk menutupi biaya hidup. Jumlahnya memang kurang mencukupi. Sebagian nelayan terpaksa berutang karena tak punya sumber pendapatan lain selain melaut.

Para nelayan berharap cuaca buruk segera membaik. Dengan begitu suami bisa segera melaut agar pendapatan ekonomi keluarga berjalan normal kembali.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini