Sukses

PVMBG: Semoga Status Bromo Segera Turun

Aktivitas vulkanik Bromo cenderung menurun dari hari ke hari. Kondisi ini diharapkan terus berlangsung hingga beberapa hari mendatang.

Liputan6.com, Probolinggo: Aktivitas vulkanik Bromo cenderung menurun dari hari ke hari. Kondisi ini diharapkan terus berlangsung hingga beberapa hari mendatang.

"Kita lihat lah lima hari ke depan seperti apa. Nanti kita akan melakukan evaluasi dan mudah-mudahan penurunan status dapat segera terjadi," ucap  Kepala Bidang Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gede Suantika, yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Tanggap Darurat Gunung Bromo, Jumat (3/12).

Menurut Gede, indikasi turunnya status Bromo dapat dilihat dari intensitas vulkanik. Jika kepulan asap sudah tidak terlalu pekat dan pergerakan alat ukur seismograf relatif rendah, maka bisa dibilang Bromo sudah kembali normal.

Gede menambahkan beragamnya warna kepulan Bromo disebabkan adanya pembentukan batuan vulkanik. Baru-batu tersebut, yang di antaranya berwarna merah kecokelatan, teroksidasi dan berubah menjadi debu vulkanik.(WIL/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.