Sukses

Bangkai Binatang Pascaerupsi Terus Dibersihkan

Penyemprotan rumah dan pembersihan bangkai binatang di Cangkringan, Sleman, DIY, masih berlangsung. Bangkai binatang yang cukup banyak mengancam kesehatan warga.

Liputan6.com, Sleman: Penyemprotan rumah dan pembersihan bangkai binatang di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga Sabtu (27/11) masih berlangsung. Penyemprotan dilakukan dinas kesehatan setempat dan relawan.

Bangkai binatang yang cukup banyak dan dikerubuti lalat mengancam kesehatan warga Desa Kepuharjo, Cangkringan. Di antaranya bisa menyebabkan potensi virus kolera akibat air yang keluar dari bangkai ternak.

Hal sama berlangsung di Kampung Sambungrejo, Desa Balerante, Klaten, Jawa Tengah. Tim gabungan TNI dan relawan membakar sejumlah hewan ternak yang mati. Pembakaran tidak dengan cara mengumpulkan binatang yang mati. Tapi dengan menyisir setiap kandang, jika dijumpai ternak mati langsung dibakar di tempat.

Sampai hari ini desa-desa di sekitar lereng Merapi porak poranda. Sementara ribuan warga masih menempati pengungsian, meski sebagian sudah kembali. Namun masalah baru muncul yakni tak ada pekerjaan, sawah dan semua harta milik mereka ludes.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini