Sukses

Lahar Dingin Tenggelamkan Jembatan Kali Lamat

Jembatan Kali Lamat di Desa Kalibening, Kecamatan Dukun, Magelang, Jateng, nyaris tenggelam tertutup material Gunung Merapi yang terbawa banjir lahar dingin.

Liputan6.com, Magelang: Jembatan Kali Lamat di Desa Kalibening, Kecamatan Dukun, Magelang, Jawa Tengah, kondisinya kian memperihatinkan. Jembatan sepanjang 200 meter itu nyaris tenggelam tertutup material Gunung Merapi yang terbawa banjir lahar dingin. Jarak bibir sungai dengan letak jembatan pun kini sama rata.

Kondisi jembatan yang nyaris tenggelam oleh terjangan lahar dingin ini pun kini melengkung. Akibatnya, tak semua pemilik kendaraan berani melewatinya. Selain takut jembatan sewaktu-waktu ambruk, pengendara juga khawatir akan banjir lahar dingin secara tiba-tiba.

Ketinggian lahar material Merapi yang menyebabkan pendangkalan di Kali Lamat mencapai 11 meter. Untuk mengatasi pendangkalan kali, sebagian warga bergotong-royong mengeduk pasir menggunakan alat sederhana. Pasir-pasir itu kemudian diangkut kendaraan dan dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.