Sukses

Sapi Korban Merapi Hanya Dibeli Separuh Harga

Janji pemerintah untuk membeli hewan ternak korban Merapi tak sesuai dengan harapan. Terbukti hewan ternak mereka hanya dibeli dengan separuh harga. Alhasil, petani banyak yang merugi.

Liputan6.com, Magelang: Janji pemerintah untuk membeli hewan ternak korban Merapi tak sesuai dengan harapan. Terbukti hewan ternak mereka hanya dibeli dengan separuh harga. Alhasil, petani banyak yang merugi.

Sebagian besar warga korban letusan Merapi menyayangkan sikap pemerintah yang tak konsisten untuk membeli harga ternak mereka sesuai dengan ketentuannya. Hingga saat ini, pembelian ternak oleh pemerintah sangat mengecewakan warga.

Contohnya yang dialami warga di Desa Batur, Magelang. Mereka mengaku sangat terpukul karena setiap ekor ternak sapi yang dijual menyebabkan rugi hingga Rp 4 juta. Seperti yang disampaikan Sumitro. Jika sebelumnya satu ekor sapi bisa laku Rp 8 juta, setelah terkena dampak letusan Merapi hanya dihargai Rp 4 juta. Kalau pun petani mempertahankan ternak untuk tak
dijual, mereka harus beli pakan ternak per unitnya Rp 10 ribu.

Warga berharap, pemerintah mengganti kerugian petani yang sudah terlanjur menjual ternak-ternaknya. Selain itu, pemerintah juga diminta memberikan bantuan modal agar mereka bisa bertahan hidup dengan kondisi yang saat ini tak punya apa-apa lagi.(MEL)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini