Sukses

Korban Merapi Mulai Perbaiki Pipa Air

Perbaikan pipa dilakukan agar air bersih dari sumber mata air Kali Sempor bisa segera mengalir kembali. Air bersih digunakan warga tiga dusun atau sekitar seribu orang untuk keperluan MCK.

Liputan6.com, Sleman: Warga Dusun Babadan, Girikerto Turi, Sleman, Yogyakarta, kesulitan memperoleh air bersih pascaerupsi Gunung Merapi. Begitu tiba di rumah dari pengungsian, warga langsung memperbaiki pipa aliran air bersih agar bisa berfungsi kembali, Rabu (24/11).

Perbaikan dan pemasangan pipa baru dipimpin Kolonel Agus Sulistyo. Upaya perbaikan dilakukan agar air bersih dari sumber mata air Kali Sempor bisa segera mengalir kembali. Air bersih digunakan warga tiga dusun atau sekitar seribu orang untuk keperluan mandi, cuci, dan kakus (MCK).

Saat Merapi meletus, warga Dusun Babadan kehilangan pipa air bersih sepanjang 600 meter. Pipa rusak setelah diterjang lahar dingin dan material vulkanik Merapi. Hal itu membuat Dusun Babadan, Imorejo, dan Mangunsari mengalami krisis air bersih. Warga di sana tak melakukan aktivitas MCK secara normal.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.