Sukses

Kali Gendol Kini Penuh Pasir dan Kayu

Timbunan material letusan Merapi memenuhi sepanjang aliran Kali Gendol. Sungai yang bermuara langsung di puncak Gunung Merapi ini dipenuhi pasir dan kayu gelondongan.

Liputan6.com, Sleman: Timbunan material letusan Gunung Merapi memenuhi sepanjang aliran Kali Gendol di Kecamatan Cangkiran, Sleman, Yogyakarta. Sungai yang bermuara langsung di puncak Gunung Merapi ini dipenuhi pasir dan kayu gelondongan. Demikian pantauan tim SCTV, Jumat (19/11) petang.

Kali dengan lebar 50 meter ini hampir rata dengan tanah. Kali Gendol merupakan jalur awan panas ke arah selatan. Tak pelak, banyak rumah warga di sekitar Kali Gendol hancur lebur. Pohon yang sebelumnnya banyak tumbuh di bantaran kali, saat ini tak ada lagi.

Menurut petugas evakuasi, hampir sebagian besar dusun yang dilewati Kali Gendol saat ini kondisinya seperti kota mati. Jumlah korban jiwa akibat letusan Merapi pun paling banyak berasal dari dusun yang ada di sepanjang Kali Gendol. Proses evakuasi masih terus dilakukan hingga kini.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini