Sukses

Pengungsi Merapi Pulang Kampung

Para pengungsi pulang ke kampung halamannya setelah pemerintah menyatakan aktivitas Gunung Merapi menurun. Namun, mereka tak langsung pulang ke rumah sebelum Merapi benar-benar aman.

Liputan6.com, Magetan: Sebanyak 16 korban letusan Gunung Merapi yang mengungsi di Magetan, Jawa Timur, pulang ke kampung halaman, Kamis (18/11). Sebelumnya, mereka sudah mengungsi selama dua pekan.

Para pengungsi berangkat dengan menggunakan mobil. Mereka menuju Desa Argomulyo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Namun, mereka tak langsung pulang ke rumah, mengingat jarak kediaman hanya 17 kilometer dari puncak Merapi. Menurut Sukarno, pengungsi, dirinya pulang setelah Badan Vulkanologi menyatakan aktivitas Merapi sudah menurun.

Sukanro dan pengungsi lain sengaja mengungsi ke Magetan. Dia tak mau disuruh berpindah-pindah oleh petugas dengan alasan Merapi semakin tak aman.(ULF)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.