Sukses

Pengikut Naqsyabandiyah Sudah Berlebaran Haji

Ratusan pengikut tarekat Naqsabandiyah Sumatra Barat, hari ini merayakan Iduladha dan melaksanakan salat id.

Liputan6.com, Padang: Sebanyak 100 lebih pengikut tarekat Naqsabandiyah Kota Padang, Sumatra Barat, Senin (15/11), memadati Surau Baru untuk melaksanakan salat id. Kumandang takbir yang dilantunkan sejak pukul 07.00 WIB menandakan mereka hari ini merayakan Iduladha. Perayaan ini lebih cepat dibandingkan dengan keputusan Kementerian Agama yang menetapkan Iduladha jatuh pada Rabu nanti atau lusa.

Usai bertakbir, mereka kemudian melaksanakan salat id dua rakaat. Menurut imam Surau Baru, Zahar, jemaah tarekat Naqsabandiyah menetapkan jatuhnya 10 Zulhijah berdasarkan perhitungan hisab munjid yang telah dilakukan secara turun-temurun.

Tidak hanya di Surau Baru, ribuan pengikut tarekat Naqsabandiyah yang tersebar hingga ke Jambi dan Bengkulu juga serentak merayakan Iduladha pada hari ini. Usai melaksanakan salat id, mereka langsung menyembelih sejumlah hewan kurban.(IDS/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.