Sukses

Macan Tutul Berkeliaran di Desa

Macan tutul berkeliaran di desa sekitar lereng Gunung Merapi. Diduga habitat hewan itu digerus awan panas.

Liputan6.com, Pakem: Selain menelan korban jiwa dan materil, letusan Gunung Merapi juga berdampak terhadap terhadap kehidupan lingkungan. Hutan di sekitar lereng gunung terbakar wedhus gembel, hingga sejumlah hewan, seperti macan tutul, turun ke desa-desa, Jumat (12/11).

Desa Candibinangun, Pakem, Jawa Tengah, misalnya. Belakangan ini, menurut Kidi, warga setempat, ia melihat dua ekor macan tutul berkeliaran di dekat kandang sapinya. "Pertamanya, saya dengar suara hewan yang bukan ternak saya (sapi). Setelah saya cari tahu, ternyata ada macan totol-totol di dekat kandang. Matanya tajam, dan langsung kabur begitu saya datangi kemarin," katanya.

Kadi pun langsung melaporkan temuannya ke kantor Kepolisian Sektor (Polsek) Cangkringan. Menurut Kadi, ukurankedua hewan itu tidak sama. "Satu agak kecil. Dan yang lain sebesar motor bebek," katanya.(CHR/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.